My Journey

My Journey
Sekapur Barus
monggo kepada para penjelajah dunia maya untuk menjelajahi blog ini.blog yang isinya kumpulan tugas kuliah,catetan dan kejadian aneh lainnya,walaupun kayak gini isinya semoga bermanfaat.NO SARA , NO PORNO , NO RASIS . salam damai ! ! !

Minggu, 13 November 2011

Resume Nutrien

oleh:
Ahmad Gulbuddin Dzul
26020210130083
Oseanografi Kimia
OSEANOGRAFI-UNDIP

Nutrient
  • Adalah semua unsur dan senyawa yang dibutuhkan oleh tumbuh-tumbuhan melalui proses fotosintesis dan berada dalam material organic.
  • Nutrien adalah dirujukkan kepada elemen-elemen, atom-atom, dan ion-ion yang
terdapat dalam tanah diserap oleh tumbuh-tumbuhan
  • Nutrien sendiri dibagi menjadi 2 yaitu,makronutrient dan mikronutrien
  • Makronutrien adalah nutrient yang tersebar dilautan dan konsentrasinya melebihi 1ppm denga kata lain nutrient jenis ini melimpah dilautan.(contoh:C, N, P, O, Si, Mg, K, Na)
  • Mikronutrien adalah nutrient yang tersebar dilaut dan konsentrasinya kurang dari 1 ppm dengan kata lain nutrient jenis ini penyebrannya terbatas atau sedikit dilaut.(contoh:Fe,Cu, Mn, Ze )
  • Senyawa Fe dibutuhan oleh amakhluk hidup namun jika berlebihan mengakibatkan booming alga
  • Elemen makro esensial adalah C
  • Elemen mikro esensial adalaha N, P,Si
  • Fitoplankton mendapatkan nutrien dari air laut yang sudah mengandung nutrien yang cukup lengkap. Namun pertumbuhan fitoplankton dengan kultur dapat mencapai optimum dengan mencapurkan air laut dengan nutrien yang tidak terkandung dalam air laut tersebut. Nutrien tersebut dibagi menjadi makronutrien dan mikronutrien, makronutrien meliputi nitrat dan fosfat. Makronutrien yang berupa nitrat dan fospat merupakan pupuk dasar yang mempengaruhi pertumbuhan fitoplankton. Nitrat adalah sumber nitrogen yang penting bagi fitoplankton baik di air laut maupun di air tawar. Bentuk kombinasi lain dari nitrogen seperti amonia, nitrit, dan senyawa organik dapat dapat digunakan apabila kekurangan nitrat. Mikronutrien organik merupakan kombinasi dari beberapa vitamin yang berbeda-beda. Vitamin tersebut antara lain B12, B1 dan Biotin. Mikronutrien tersebut digunakan fitoplankton untuk berfotosintesis Disamping cahaya, fitoplankton juga sangat tergantung dengan ketersediaan nutrisi untuk pertumbuhannya. Nutrisi-nutrisi ini terutama makronutrisi seperti nitrat, fosfat atau asam silikat, yang ketersediaannya diatur oleh kesetimbangan antara mekanisme yang disebut pompa biologis dan upwelling pada air bernutrisi tinggi dan dalam. Akan tetapi, pada beberapa tempat di Samudra Dunia seperti di Samudra bagian Selatan, fitoplankton juga dipengaruhi oleh ketersediaan mironutrisi besi.
  • Upwelling merupakan fenomena oseanografi yang melibatkan wind-driven motion yang kuat, dingin dan biasanya membawa massa air yang kaya akan nutrien ke arah permukaan laut. Upwelling adalah fenomena atau kejadian yang berkaitan dengan gerakan naiknya massa air laut. Gerakan vertikal ini adalah bagian integrasi dari sirkulasi laut tetapi ribuan sampai jutaan kali lebih kecil dari arus horizontal. Gerakan vertikal ini terjadi akibat adanya stratifikasi densitas air laut karena dengan penambahan kedalaman mengakibatkan suhu menurun dan densitas meningkat yang menimbulkan energi untuk menggerakkan massa air secara vertikal.  Laut juga terstratifikasi oleh faktor lain, seperti kandungan nutrien yang semakin meningkat seiring pertambahan kedalaman. Dengan demikian adanya gerakan massa air vertikal akan menimbulkan efek yang signifikan terhadap kandungan nutrien pada lapisan kedalaman tertentu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar