My Journey

My Journey
Sekapur Barus
Isi tulisan dipersembahkan hanya untuk diri sendiri, langkah apresiasi terhadap usaha diri, berjuang hidup untuk mandiri, menikmati hidup yang hanya sekali, sebagai bukti bahwa diri pernah berdiri dan menjalani hidup tanpa menyesali. Dipersilahkan kepada para penjelajah dunia maya untuk menjelajahi blog ini. blog yang berisi kumpulan tugas kuliah,catetan dan kejadian aneh lainnya. NO SARA , NO PORNO , NO RASIS . salam damai ! ! !

Rabu, 02 November 2011

ODV(Osean Data View),Surfer dan Grapher perangkat software oseanografi


      Ocean Data View(ODV) 
    Perangkat lunak yang dikembangkan oleh Reiner Schlitzer dari Alfred Wegener Institute,Columbusstrasse, 27568 Bremerhaven, Jerman,merupakan suatu progam perangkat lunak yang digunakan dalam pengolahan maupun visualisasi data oseanografi,profil atmosfer dan lainnya geo-referensi atau data time-series.Perangkat ini memilki Visualisasi berupa sebaran menegak (scatter), melintang (section) berdasarkan jarak dan koordinat (longitude dan latitude), permukaan (surface), stasiun (station) maupun histogram distribusi frekuensi dari masing-masing variabel yang sudah ada.Namun ODV memiliki kemampuan lainnya seperti dapat melakukan perhitungan statistik dan visualisasi beberapa variabel yang berdasarkan variabel utama.

Ocean Data View (ODV) adalah desktop perangkat lunak untuk analisis dan visualisasi oseanografi, profil atmosfer dan lainnya geo-referensi atau data time-series.
Perangkat ini memiliki dasar fitur sebagai berikut:
1.Input Format dasar spreadsheet tabel data gaya
2.Pengguna dapat menyesuaikan konfigurasi mereka dengan batimetri resolusi tinggi, garis pantai, dan bahan referensi lain
3.Data dan file konfigurasi adalah platform-independen dan dapat dipertukarkan antara sistem yang berbeda
Kegunaan ODV yaitu:
1.Dapat meplotkan sifat di stasiun yang dipilih,
2.Lintas-bagian sepanjang rel kapal pesiar, dan
3.Warna distribusi pada umumnya isosurfaces
ODV dikembangkan oleh Alfred Weneger Institute ( http://www.awi.de ), di bawah program SeaDataNet. Ada pembatasan lisensi untuk kegunaan lain dari penelitian ilmiah.

ODV adalah perangkat lunak yang dibuat oleh Schlitzer dari Alfred Wegener Institute, Columbusstrasse, 27568 Bremerhaven, Jerman.Yang digunakan untuk menampilkan hasil hasil eksplorasi dari oseanografi dan tampilan geo-referensi.Kumpulan data dari ODV ditampilakan secara independent.Maksudnya yaitu data pada ODV dapat dibentuk dan diubah antar sistem yang saling mendukung.  ODV dapat menampilkan secara Interaktif stasiun data untuk cakupan wilayah yang luas.Odv didesain fleksibel dan mudah agar mudah dalam pelatihan dan pengajaran.

Grapher
The multi Router Traffic Grapher(MTRG) ada software yang dibuat tobias Oetiker dengan menggunakan Perl-C yang tersedia dalam sistem operasi windows NT dan UNIX.MTRG adalah software yang dirancang untuk aplikasi aplikasi yang digunakan untuk beban trafik pada sebuah link jaringan yang ada.Maksud dari hal itu adalah MTRG dapat membuat halaman pada suatu HTML yang berisikan gambar-gambar ber-format GIF yang akan menggambarkan suatu trafik melalui jaringan secara rutin.Baik harian,mingguan,bulanan ataupun tahunan.

MTRG atau dengan kata lain The multi Router Traffic Grapher adalah sebuah software  yang memiliki fungsi untuk penggunaan memonitoring traffik load pada sebuah link jaringan.Software ini bersifat free (bebas download) memudahkan pengguna untuk dapat melihat atau mengamati laporan yang tersedia dalam bentuk grafik.MTRG menggunakan lisensi Gnu GPL.
Software yang pertamakali dekembangkan oleh tobias Oetiker dan dave Rant,dahulu penggunaannya pertama kali untuk memonitoring router.Kemudian seiring bertambahnya zaman berkembang menjadi RRDTool,contoh penggunaannya untuk aplikasi cacti.

Surfer
Surfer (Surface Mapping System) merupakan perangkat lunak untuk pengolahan data spasial dan analisa tiga dimensi. Dalam bidang oseanografi, Surfer banyak digunakan untuk mengolah dan menampilkan data batimetri, topografi, arus, pola sebaran dan sebagainya.Perangkat ini juga mempermudah serta mempercepat akvitas konversi data ke dalam bentuk peta kontur, plot permukaan.Surver terbagi menjadi 3 bagian lembar kerja yaitu surface plot, worksheet, dan editor.Pengertian dari surface itu sendiri adalah lembar kerja yang digunakan untuk tampilan dan grid,untuk worksheet adalah lembar kerja yang digunakan untuk melakukan input dan pengolahan data XYZ Dan editor adalah bagian lembar kerja yang digunakan untuk membuat atau mengolah file teks ASCII dan analisa statistik data yang di grid yang sudah didapat tadi.Software surfer itu sendiri sudah tersedia dalam versi 9.0 yaitu versi terbaru.

Surfer adalah salah satu dari perangkat lunak yang diciptakan untuk kegunaan pembuatan peta kontur dan pemodelan tiga dimensi yang berdasarkan grid yang ada,software ini memplotting data tabular XYZ tak beraturan menjadi lembar titik-titik segi  empat yang beraturan.Garis horizontal dan vertikal memiliki titik perpotongan.Dan ada titik Z yang berupa titik ketinggian atau kedalaman.Proses pembentukan rangakaian nilai z yang teratur dari kumpulan dari data XYZ disebut gridding.

Jenis format data yang dapat terbaca pada software ODV
Software ODV itu sendiri dijalankan Windows, Macintosh, Linux, dan unix. Beberapa extension data yang dapat digunakan oleh ODV ialah:
ODV spreadsheet data, Argo profile and trajectory data, World Ocean Database data, World Ocean Atlas data, WOCE WHP data, NODC SD2 data,dan Java Ocean Atlas spreadsheet data

Kegunaan dari grapher dan surfer
Grapher: sebuah software  yang memiliki fungsi untuk penggunaan memonitoring traffik load pada sebuah link jaringan.Software ini bersifat free (bebas download) memudahkan pengguna untuk dapat melihat atau mengamati laporan yang tersedia dalam bentuk grafik.

surfer: Perangkat ini juga mempermudah serta mempercepat akvitas konversi data ke dalam bentuk peta kontur, plot permukaan.Surver terbagi menjadi 3 bagian lembar kerja yaitu surface plot, worksheet, dan editor.

Aplikasi ODV dalam bidang kelautan
Salah satu aplikasinya untuk pencitraan suhu dipermukaan laut dengan aplikasi Argo Float dan data citra satelit penginderaan jauh dengan resolusi rendah dengan citra NOAA-AVHRR dan citra Aqua MODIS.

1 komentar:

  1. bang, boleh saya minta mentahan ODV untuk 64 bit dan software grapher? kalau tidak, boleh saya minta petunjuk alamat linknya untuk installan ODV 64 bit dan software grapher? terima kasih.

    BalasHapus