My Journey

My Journey
Sekapur Barus
Isi tulisan dipersembahkan hanya untuk diri sendiri, langkah apresiasi terhadap usaha diri, berjuang hidup untuk mandiri, menikmati hidup yang hanya sekali, sebagai bukti bahwa diri pernah berdiri dan menjalani hidup tanpa menyesali. Dipersilahkan kepada para penjelajah dunia maya untuk menjelajahi blog ini. blog yang berisi kumpulan tugas kuliah,catetan dan kejadian aneh lainnya. NO SARA , NO PORNO , NO RASIS . salam damai ! ! !

Selasa, 09 Juli 2013

Sedimen Transport ( case )

1.     Jika sudut datang gelombang miring dari arah rambat gelombang bergerak dari kiri kekanan. Jelaskan dengan sketsa gambar pola arus dan pola angkut sedimen yang terjadi pada morfologi pantai sebagai berikut :
a.       Morfologi garis pantai yang lurus dengan kelerengan dasar perairan landai 
    Gelombang datang membentuk sudut terhadap pantai akan membentuk arus sepanjang pantai yang bergerak dari kiri ke kanan dalam kasus ini. Morfologi pantai yang lurus serta kelerengan dasar perairan cenderung landai menyebabkan distribusi angkutan sedimen merata di setiap wilayah kecuali jika kondisi arus sepanjang pantai melemah atau terhambat oleh pergerakan arus yang berlawanan arah. Ketika kasus tersebut terjadi, maka material sedimen yang dibawa arus dari hulu akan terendapkan di hilir. Jika terjadi terus menerus akan terjadi akumulasi sedimentasi didaerah hilir dan membentuk sand bar.
Skema Pembentukan Bar


b.      Morfologi pantai dengan muara sungai (estuary) dengan asumsi debit sedimen sungai besar 
         Pada kasus kedua, arah arus sejajar pantai sama seperi kasus pertama. Morfologi pantai dengan adanya muara sungai yang memiliki debit air sungai besar menyebabkan perubahan pola arus sepanjang pantai. Perubahan tersebut berdampak pada transport sedimen yang ada, dimana sungai yang memiliki debit air besar memiliki material sedimen yang dibawa besar pula. Pertemuan kedua massa air ini akan mengurangi kecepatan air dari kedua sumber tersebut, berkurangnya energi transport menyebabkan pengendapan material sedimen yang dibawa. Material yang terendapkan berupa akumulasi material yang ditransportkan oleh debit sungai dan arus sepanjang pantai dan pengendapan tersebut terjadi didepan mulut muara sungai. 

Skema Pembentukan Delta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar