My Journey

My Journey
Sekapur Barus
Isi tulisan dipersembahkan hanya untuk diri sendiri, langkah apresiasi terhadap usaha diri, berjuang hidup untuk mandiri, menikmati hidup yang hanya sekali, sebagai bukti bahwa diri pernah berdiri dan menjalani hidup tanpa menyesali. Dipersilahkan kepada para penjelajah dunia maya untuk menjelajahi blog ini. blog yang berisi kumpulan tugas kuliah,catetan dan kejadian aneh lainnya. NO SARA , NO PORNO , NO RASIS . salam damai ! ! !

Minggu, 11 November 2012

headline #HidrolikaPantai


Tugas kali ini yang saya ambil, berupa kondisi pesisir diwilayah East Coast Park,Singapura. Perlu kita ketahui sebelumnya bahwa metode breakwater headland control ini diperkenalkan pertama kali oleh Silvester dan Hsu pada tahun 1993 dan diaplikasikan di negara singapura. Breakwater atau dalam hal ini pemecah gelombang lepas pantai adalah bangunan yang dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai. Pemecah gelombang dibangun sebagai salah satu bentuk perlindungan pantai terhadap erosi dengan menghancurkan energi gelombang sebelum sampai ke pantai, sehingga terjadi endapan dibelakang bangunan. Endapan ini dapat menghalangi transport sedimen sepanjang pantai.
2002
 Pembangunan breakwater jenis ini dimulai pada tahun 1993, akan tetapi saya tidak menemukan foto citra pada tahun tersebut. Sehingga saya tidak dapat mengetahui kondisi pesisir tanpa breakwater headland control. Dari gambar diatas, nampak terjadi pembentukan daratan baru disebuah muara sungai.Bahkan terlihat muara tersebut sudah tidak memiliki jalur aliran sungai kelaut akibat terjadi pengendapan sedimen diwilayah tersebut.Ditambah lagi sedimen mengendap dibagian belakang  breakwater sehingga terbentuk daratan yang menyambung dari pantai ke breakwater.
2005

2009




Dalam kurun waktu 3 tahun terjadi beberapa perubahan pada garis pantai tersebut. Hal itu bisa kita lihat pada gambar diatas, salah satu perubahan yang ada yaitu terjadi proses tranportasi sedimen diwilayah muara sehingga sedimen yang awal mulanya mengendap didekat muara sungai secara perlahan tertranport oleh arus menjauhi wilayah muara. Aliran sungaipun mulai kembali normal tanpa gangguan sedimen yang mengendap dimuara sungai. Perubahan lainnya yaitu daratan yang semula terbentuk dibagian belakang breakwater mulai terlihat berkurang. Jumlah sedimen yang terakumulasi dibagian belakang sedimen makin menyusut dibandingkan pada tahun 2002.
Dari kedua fenomena tersebut, terjadi proses kesetimbangan pantai. Fungsi perlindungan garis pantai adalah dengan cara membuat situasi dimana garis pantai berorientasi secara paralel terhadap garis puncak gelombang datang, sehingga meminimalkan angkutan sedimen transpor sepanjang pantai dan menciptakan pola pantai yang setimbang (equilibrium / pocket beach). Pola pantai setimbang yang dimaksud adalah pola pantai yang berada pada titik kecenderungan dalam kondisi tetap walaupun terjadi perubahan yag kecil. Pola pantai East Coast Park,Singapura terjadi titik kesetimbangan pantai pada tahun 2005, hal ini disimpulkan karena pada tahun 2009 kondisi pola pantai serupa pada pola pantai ditahun 2005. Dengan kata lain tidak terjadi perubahan yang signifikan pada pola pantai tersebut.Distribusi sedimen yang terjadi ideal, maksud ideal adalah tidak terjadi pengendapan sedimen dan erosi  berlebihan yang berdampak pada pola pantai. Terdapat Faktor –faktor atau yang secara khusus disebut parameter struktur yang mempengaruhi adanya equilibrium state pada pemecah gelombang terhadap adanya salient atau tombolo antara lain adalah dimensi struktur, yaitu panjang struktur, lebar struktur, jarak dari garis pantai asli, dan tinggi puncak struktur.
Jika kita lihat dari gambar, kita dapat menyimpulkan bahwasanya metode headland control yang diterpakan di pantai East Coast Park,Singapura sudah memiliki spesifikasi sebagai breakwater yang dibutuhkan untuk membentuk pola pantai setimbang sehingga mulai banyai diterapkan dinegara lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar